Sabtu, 21 Desember 2013

Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan

Semua keberhasilan yang ingin dicapai
memerlukan proses, tak terkecuali belajar bila
ingin belajar kita berhasil maka perlu strategi
agar belajar tersebut bisa efektif, dan prosesnya
tidak membosankan alias menyenangkan. Cara
belajar efektif dan belajar menyenangkan mutlak
diperlukan, agar nantinya dapat memberikan
hasil yang sangat maksimal. Apalagi bagi para
pelajar, mahasiswa maupun semua orang yang
sedang dalam proses belajar secara keseluruhan,
metode belajar yang tepat sangat dibutuhkan,
karena itu merupakan syarat utama untuk dapat
meraih prestasi terbaik yang didambakan. Jadi,
mulai sekarang, berusahalah untuk menerapkan
belajar efektif dalam keseharian anda.

Cara belajar efektif membutuhkan kedisiplinan
dan ketekunan yang serius. Yup.. dalam segala
hal keseriusan sangat menentukan. Buat apa
kalau metode belajarnya sudah tepat, tetapi
dijalani dengan semau gue. Keberhasilan
seseorang di masa mendatang, terletak pada
bagaimana dia menjalankan usahanya pada
masa sekarang. Jadi sekali lagi, sebuah impian
besar pasti mampu diwujudkan asalkan
direncanakan dan dijalankan dengan penuh
keseriusan dan tanggung jawab yang besar dan
wajib tahu tentang cara belajar efektif.

Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan. Dan
berikut ini adalah enam langkah yang anda wajib
tahu bagaimana cara belajar efektif yang paling
mudah dan bisa anda lakukan dari sekarang,
sebelum anda menyesal untuk selamanya.
Karena selain anda, mungkin juga pesaing anda
yang juga membaca ini sudah mulai start dari
sekarang.
Berikut ini adalah cara belajar efektif yang dapat
anda terapkan :

1. Rangkumlah materi inti sehingga
menjadi sebuah ringkasan
Pada cara belajar efektif pertama dalam semua
materi pelajaran, pasti ada materi pokok. Nah,
incarlah ini dan ringkaslah sehingga
memudahkan anda dalam memahami setiap
detail pelajaran. Dengan begitu, anda mampu
memagang kuat apa yang sebenarnya harus
dikuasai.


2. Aktif dan Kreatif dalam mengikuti
pelajaran
Jangan menunggu bapak atau ibu guru atau
dosen mengajukan sebuah pertanyaan kepada
anda. Mulai sekarang, mulailah bertindak aktif
ketika sedang dalam proses cara belajar efektif
mengajar di kelas. Jangan pasif. Dengan begitu,
hal-hal yang sekiranya benar-benar belum anda
fahami mempunyai peluang lebih besar untuk
langsung dijelaskan solusinya oleh para pengajar
anda.


3. Belajar berkelompok
Nah, cara belajar efektif yang satu ini juga
banyak memberikan manfaat yang sangat besar
bagi anda. Dengan menerapkan belajar bersama
atau kelompok, nantinya akan bisa saling sharing
dengan teman-teman yang lain mengenai pokok-
pokok materi pelajaran yang mungkin sulit
dipecahkan atau difahami.


4. Mengembangkan materi pelajaran yang
ada
Bagi sebagian besar pelajar, hal ini masih sangat
jarang dilakukan atau diterapkan. Padahal jika
cara belajar efektif ini dilakukan dengan baik,
dampaknya akan sangat terlihat. Carilah segala
hal / pertanyaan yang belum ada dalam soal-soal
latihan, dan nantinya bisa anda tanyakan
langsung kepada para bapak/ibu guru yang
mengajar pelajaran itu. Mulai sekarang,
kembangkanlah materi sebanyak mungkin agar
bisa lebih mendalami materi pelajaran.


5. Disiplin dalam segala hal termasuk
belajar
Nah, cara belajar efktif ini merupakan salah satu
kunci berhasil atau tidaknya segala sesuatu.
Tanpa adanya sebuah kedisiplinan, sepertinya
mustahil untuk mencapai hasil yang maksimal.
Aturlah belajar anda dan jalankanlah apa yang
sudah anda rencanakan dengan disiplin tinggi.


6. Memperkaya Referensi pendukung
Untuk mendapatkan referensi pendukung, pada
jaman sekarang tidaklah sulit. Perpusatakaan
sekolah / kampus sudah tersedia dengan sangat
lengkap. Kalau memang anda belum bisa
menemukan referensi yang anda inginkan, anda
masih bisa menjelajah internet dengan sangat
leluasa. Hampir segala sesuatu tersedia di dunia
maya. Gunakanlah teknologi internet ini untuk
mendukung belajar anda.


Nah, mungkin itulah beberapa cara belajar efektif
paling mudah yang dapat kami hadirkan.
Semoga saja apa yang sudah kami berikan ini
bisa memberikan manfaat kepada anda dan
anda bisa langsung mempraktekannya sesegera
mungkin.

Setelah tadi di atas kita sudah menjelaskan
bagaimana cara belajar efektif yang dirangkum
secara umum, kali ini kita membahas tentang
bagaimana cara belajar efektif yang
menyenangkan ataupun tidak bikin bosan
ketika anda sedang belajar.

Belajar, itulah kata yang setiap hari pelajar
lakukan, baik SD, SMP maupun SMA. Mereka
melakukan hal itu untuk membuat mereka pintar
dan dapat membanggakan orangtua. Tetapi,
kadang-kadang belajar membuat kita bosan
sehingga kita tidak berniat untuk belajar.
Nah, di bawah ini beberapa tips untuk membuat belajar sehari-hari kita tidak membosankan dan bisa menyenangkan :

1. Selingi dengan istirahat
Jika merasa mulai jenuh atau bosan belajar terus
menerus, ada baiknya diselingi dengan istirahat.
Misalkan setiap belajar 1 jam, istirahatnya sekitar
10 menit. Kita bisa melakukannya sambil keluar
dulu dari dalam ruang belajar, ambil minum atau
makan makanan kecil, tapi jangan lupa untuk
balik lagi buat belajar.

2. Atur Ruang Belajar
Kenyamanan ruang belajar juga bisa membuat
suasana belajar kita menjadi enak. Jangan
sampai ruangan tersebut berantakan, rapikan
dulu barang-barang yang acak-acakan tersebut,
jika sudah rapi akan keliatan lebih luas dan
segar. Ini juga merupakan bentuk cara belajar
efektif yang mempunyai faktor besar.

3. Dengarkan Musik
Ada yang bilang kalo cara belajar efektif sambil
dengerin musik bisa ngebantu kita agar berpikir
jernih. Hmm.. boleh dicoba tuh, tapi jangan
sampai musik yang diputar adalah jenis musik
hingar bingar, malahan tidak bisa konsentrasi
nantinya. Carilah musik yang lembut, dan kalo
bisa musik instrumental (tapi hati-hati, jangan
sampai ketiduran lho).

4. Belajar dengan Praktik
Cara belajar efektif yang tidak membosankan
keempat adalah jika belajar hanya dengan
membaca (teori) saja, bisa menyebabkan jenuh,
cobain deh untuk melakukannya (praktik).
Misalnya pelajaran IPA, kita bisa belajar sambil
mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau
apapun, dengan demikian kita bisa membuat
sebuah acara belajar jadi mengasyikan, sekalian
membuktikan kebenaran teori tersebut.

5. Belajar dengan Rutin
Dengan belajar dengan rutin, kita bisa
mengingat pelajaran yang dahulu pernah
diajarkan oleh guru maupun belum pernah
diajarkan.

6. Jadilah seorang Detektif
Detektif? ini kan belajar bukannya mecahin kasus
kejahatan? maksudnya adalah, di dalam belajar,
anggaplah pelajaran itu sebagai teka-teki yang
harus dipecahkan, atau kasus yang sangat sulit
untuk diselesaikan. Kayak detektif Conan gitu,
kalo kita berhasil mecahin kasus tersebut, berarti
kita adalah detektif yang hebat.

7. Ubah Metode Belajar
Jangan belajar dengan cara yang sama dengan
terus menerus. mungkin anda tidak cocok
dengan teknik belajar seperti itu, setahu kami
ada 2 jenis metode cara belajar efektif yang bisa
anda pahami ini.
Metode Membaca : sebagian besar orang
mengunakan metode belajar ini, orang yang
cocok mengunakan tidak mengalami kesulitan
yang berarti.
Metode Mendengarkan : Orang tipe ini akan lebih mudah memahi ketika sambil mendengarkan yang ketika mendengarkan ia langsung dicerna oleh otak.

8. Ciptakan suasana yang kondusif
Dalam cara belajar efektif, anda harus
menciptakan suasana yang kondusif, nyaman
dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan
salah satu cara belajar yang baik karena
bagaimanapun jika ingin materi yang anda
pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, anda
harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman.
Sehingga nggak mengganggu konsentrasi.
Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan
yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita
juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam
belajar.

9. Sering tapi jangan lama
Belajar jangan terlalu lama, namung per sering
anda belajar, seperti pagi 45 menit, siang 15
menit, sore 30menit, malam 1 jam, insya allah
cara belajar efektif ini bisa berjalan baik.

10. Mengerti bukan Menghafal
Kalau anda menghafal sesuatu belum tentu anda
mengerti. Saat Anda mengerti topik yang
dipelajari, secara otomatis anda akan paham.
Pemahaman ini yang akan membantu anda
menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-
putar, Anda pasti bisa jawab. Memang sih,
beberapa mata pelajaran memang butuh
hafalan. Misalnya saja tanggal bersejarah atau
nama-nama tokoh. Kuncinya, baca berulang-
ulang, tanpa anda sadari hafalan itu bakal
melekat di ingatan dengan sendirinya.


Sesungguhnya cara belajar efektif yang paling
mudah adalah belajar yang timbul dari dalam
hati, bukan karena terpaksa. Artikel ini
terinspirasi dari berbagai sumber dan diri kami
sendiri. Ada kalanya kita saat belajar pelajaran
yang kita baca sejak tadi tidak ada yang masuk
sama sekali.. Bukankah percuma jika kita belajar
dengan waktu lama namun tidak ada hal yang
terekam oleh otak. Hindari penyakit dalam
belajar. Semoga membantu untuk aktifitas
belajar anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar